Jakarta, Indonesia | Monday, 25-01-2021

NEWS UPDATE

Palestina Berkabung, Juru Negosiasi Saeb Erekat Tutup Usia

And | Kamis,12 Nov 2020 - 20:17:11 WIB

Seorang veteran yang dipercaya menjabat sebagai Ketua Perunding atau Negosiasi Palestina Saeb Erekat/foto ist SSV youtube TRT World

CityPost – Seorang veteran yang dipercaya menjabat sebagai Ketua Perunding atau Negosiasi Palestina Saeb Erekat meninggal dunia pada Selasa (10/11) lalu diusianya yang ke 65 tahun. Dilaporkan dia meninggal dunia karena paparan virus corona yang memicu komplikasi penyakit bawaannya.

Erekat selama ini dikenal sebagai Sekjen Orgnanisasi Pembebasan Palestina (PLO). Semasa menderita fibrosis paru, dia sempat menerima transplantasi paru-paru. Namun sejak terinfeksi virus corona pada bulan lalu, kesehatannya terus menurun drastis dan menyerang pernafasannya.

Semasa hidupnya Erekat kerap mendapatkan apresiasi dari Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas. Dia diberi julukan pejuang hebat bagi rakyatnya.

Saat ini Erekat sudah dimakamkan dengan upacara pemakaman resmi di Kompleks Kepresidenan di Ramallah di Tepi Barat yang diduduki oleh Israel pada Rabu (11/11) lalu.

Seperti yang dilansir melalui AL Jazeera, Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al Maliki memberikan gelar kepada Erekat sebagai Ikonic Perjuangan Palestina.

Diketahui, upacara pemakaman Saeb Erekat dilakukan secara militer dan dihadiri oleh para pejabat tinggi PA serta ratusan pelayat yang mayoritas menggunakan masker untuk melindungi diri dari paparan virus corona.

Erekat merupakan orang dekat mendingan pemimpin Palestina Yasser Arafat. Dia selalu maju dihampir setiap perundingan perdamaian besar antara Palestina dan Israel. Erekat juga selalu terlibat dalam putaran negosiasi sejak konferensi Madrid pada tahun 1991 yang pada waktu itu terkenal dengan simbol balutan keffiyeh kotak-kotak hitam putih sebagai simbol nasionalisme Palestina. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar