Jakarta, Indonesia | Wednesday, 21-04-2021

NEWS UPDATE

Sinabung Erupsi Semburkan Abu Seribu Meter Keangkasa

Chan | Senin,04 Jan 2021 - 22:31:18 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV youtube Andika Travelindo

Medan, CityPost – Gunung Berapi Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Senin (4/1) hari ini dengan menyemburkan kolom abu setinggi 1.00 meter keangkasa. Total erupsi menurut pihak berwenang sejauh ini sudah tiga kali terjadi.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) wilayah Karo.

Sementara itu, informasi lainnya juga disampaikan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati. Dia mengatakan, Sinabung pertama erupsi pada pukul 08.45 WIB dengan kolom abu setinggi 700 meter keangkasa dan terhempas condong kewilayah barat dan barat laut.

Jati menjelaskan proses erupsi itu sendiri terekam dengan alat seismogram yang durasinya terjadi selama 2 menit 34 detik.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan durasi sekitar 2 menit 34 detik,” ucap Jati melalui keterangan resminya pada Senin (4/1) hari ini.

Kemudian, kata Jati. Erupsi kedua terjadi pada pukul 11.50 WIB dengan kolom abu setinggi 1.000 meter keangkasa. Erupsi ini juga terekam dalam seismogram dengan durasi 1 menit 57 detik. Lalu erupsi ketiga terjadi pada pukul 14.12 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 1.000 meter dengan durasi 1 menit 53 detik.

Jati menegaskan saat ini status Gunung Sinabung masuk dalam Status Level III atau Siaga. Untuk itu, dia menyerukan kepada masyarakat agar tidak mendekat dan melakukan aktivitas disekitar desa-desa yang jaraknya hanya 3 kilometer dari sumber erupsi atau dari puncak gunung api.

Masyarakat juga dihimbau untuk menggunakan masker untuk menghindari adanya hujan abu vulkanik yang bisa mempengaruhi kesehatan. (Chan/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar