Jakarta, Indonesia | Wednesday, 21-04-2021

NEWS UPDATE

Ratusan RS Covid Belum Dibayar Nilainya Capai 3,7 Triliun

Chan | Rabu,10 Feb 2021 - 22:47:34 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV youtube BBC London

Jakarta, CityPost – Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan mengungkapkan bahwa sejauh ini ada sebanyak 248 rumah sakit rujukan Covid19 yang masih belum dibayarkan klaimnya dengan besaran tagihan mencapai Rp 3,7 triliun.

Informasi itu disampaikan Menkes Budi Gunadi Sadikin pada saat mengikuti Rapat Kerja Komisi IX DPR RI di Gedung Parlemen Jakarta pada Selasa (9/2).

“Dari klaim pasien dianggap 20 persen, saya hitung ada 248 (rumah sakit) yang belum dibayar, sekitar Rp 3,7 triliun, dispute terverifikasinya Rp 1,9 triliun dan yang belum diverifikasi sekitar Rp 2,6 triliun,” ungkap Budi.

Budi mengatakan, klaim yang sudah siap dibayarkan pada tahun ini sebesar Rp 3 triliun dan itu klaim yang sudah masuk kedalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kendati demikian, kata Budi. Pihak Kemenkes tidak akan membayar langsung pasalnya dikhawatirkan bakal menjadi masalah saat diaudit BPK dan BPKP.

“Karena kami lihat juga dalam prosesnya memang banyak prosedur-prosedur dan juga form-form yang perlu didetilkan lebih rinci sebagai feed back sudah kita ketahui dari RS yang sudah memasukkan,” tukasnya.

Menteri Kesehatan berjanji akan segera menyelesaikan klaim dari para rumah sakit tersebut dalam kurun waktu paling lambat April 2021 melalui Surat Keputusan untuk membentuk tim penyelesaian sengketa. (Chan/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar