Jakarta, Indonesia | Wednesday, 21-04-2021

NEWS UPDATE

Eijkman Bakal Serahkan Vaksin Merah Putih Ke Bio Farma

Chan | Rabu,10 Feb 2021 - 23:03:14 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV youtube ENews Trends

Jakarta, CityPost – Lembaga Biologi Molekuler, LBM Eijkman menyampaikan pihaknya akan segera menyerahkan Vaksin Merah Putih kepada pihak Bio Farma untuk diuji pada Maret 2021 mendatang. Mereka menyatakan proses pengembangan yang dilakukan sudah sesuai dengan target yang diharapkan.

Terkait vaksin merah putih itu sendiri, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid19 dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (kemenristek/BRIN) Ali Gufron menjelaskan bahwa vaksin merah putih dikembangkan menggunakan strain virus yang beredar di Indonesia. Eijkman mengembangkan platform protein rekombinan yang bisa diekspresikan melalui mamalia dan ragi (yeast).

“Kini perkembangannya sesuai dengan target. Kemudian di Maret atau paling lambat April sudah diserahkan ke Bio Farma untuk diuji disana,” jelas Ali melalui konferensi virtual FMB9 pada Selasa (9/2).

Ali mengatakan efektifitas vaksin nantinya akan menetukan awal identifikasi imunogenisitasnya, efektivitasnya, keamanannya, kemudian kehalalannya. Semua harus melewati fase pengujian dihewan sebelum bisa dicoba kemanusia.

Bahkan, kata Ali. Disejumlah platfrom ada pembersihan virusnya, kemudian karakteristik, kemudian masuk tahap uji pre kliniki, kemudian memasuki uji klinik 1, kemudian uji klinik2, dan uji klinik3. Proses ini harus ditempuh dan bisa dilalui oleh semua kandidat vaksin sebelum dinyatakan bisa digunakan untuk masyarakat luas.

Barulah setelah lolos, proses selanjutnya diurus ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapatkan izin edar darurat (UEA).

Saat ini, Ali mengaku bangga dengan hasil karya anak bangsa yang luar biasa. Hanya dalam kurun waktu kurang daris etahun, berbagai macam produk bisa berkontribusi untuk pengendalian Covid19 termasuk vaksin hingga alat tes cepat. (Chan/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar