Jakarta, Indonesia | Wednesday, 21-04-2021

NEWS UPDATE

Biden Bakal Bahas 3 Poin Penting Dunia Di Forum G7

And | Selasa,16 Feb 2021 - 18:24:39 WIB

Presiden Amerika Serikat Joe Biden/foto ist SSV youtube BBC News

CityPost – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pihaknya akan membahas masalah-masalah krusial yang kini terjadi didunia, seperti pandemi Covid19, ekonomi dan China. Materi itu akan dibahas dalam pertemuan kelompok negara-negara G7 yang digelar secara virtual pada Jumat (19/2) mendatang.

Informasi pertemuan itu sendiri disampaikan oleh pihak Gedung Putih pada Minggu lalu. Salah satu materi yang penting adalah upaya menghadapi China sebagai suatu kelompok.

“Pertemuan virtual dengan para pemimpin ekonomi pasar demokratik terkemuka didunia ini akan memberikan peluang bagi Presiden Biden untuk membahas rencana guna mengalahkan pandemi Covid19 dan membangun kembali ekonomi global,” ungkap Gedung Putih melalui pernyataan resmi mereka.

Menurut pihak Gedung Putih, Biden nantinya akan memfokuskan pada respons global terkait produksi vaksin Covid19 dan proses distribusinya serta upaya dalam memobilisasi atau bekerjasama melawan ancaman penyakit menular baru melalui pembangunan kapsitas negara dan pengumpulan dana keamanan kesehatan.

Biden sendiri dinilia saat ini sudah memberikan sinyalemen dan akan membawa AS kembali terlibat dalam perundingan didunia dan bergabung dalam institusi-institusi global. Kebijakan presiden AS kali ini akan berbeda dengan pendahulunya Donald Trump yang mengusung jargon America First.

Diketahui, diera Presiden Donald Trump, AS telah ditarik dan keluar dari WHO, perjanjian Iklim Paris dan secara gamblang kerap menyindir organisasi atau kelompok-kelompok multilateral.

Sejak Biden dipercaya memimpin AS, dia lantas membawa kembali negara itu masuk kedalam WHO dan perjanjian Paris, juga memberikan sinyalemen bakal bekerjasama dengan sekutunya untuk menghadapi China atas persiteruan yang terus meruncing. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar