Jakarta, Indonesia | Wednesday, 21-04-2021

NEWS UPDATE

Istri Gembong Narkotika El Chapo Ditangkap

And | Selasa,23 Feb 2021 - 22:08:30 WIB

Istri El Chapo,Emma Coronel Aispuro/foto ist SSV Univision Noticias

CityPost – Amerika Serikat menyampaikan saat ini pihaknya telah berhasil menangkap istri dari Gembong Kartel Narkotika dari Meksiko Joaquin El Chapo Guzman yang bernama Emma Coronel Aispuro (31) yang sebelumnya kerap menghadiri persidangan suaminya.

Informasi itu disampaikan oleh pihak Departemen Kehakiman AS. Disebutkan El Chapo hingga kini masih berada didalam penjara dan Emma ditangkap pada Senin (22/2) lalu saat berada di Bandara Internasional Dulles di Virginia Utara yang diduga akan menghadiri persidangan secara virtual di pengadilan federal di Washington pada Selasa (23/2) hari ini.

Belum ada informasi lanjutan terkait penangkapan Coronel dari pengacaranya dan belum jelas kenapa Coronel seorang warga negara ganda AS-Meksiko ada di area Washington DC.

Seperti yang dilansir melalui Al Jazeera dilaporkan bahwa pada dua tahun lalu Coronel juga pernah ditangkap setelah persidangan di Brooklyn, dimana El Chapo Guzman (63) sedang disidang karena memperdagangkan berton-ton narkotika ke Amerika Serikat dan juga sebagai pemimpin kartel Sinaloa.

Menurut Jaksa Penuntut di persidangan, Guzman disebutkan telah mengumpulkan kekuasaan melalui pembunuhan dan perang dengan kartel saingannya. Guzman akhirnya divonis hukuman penjara seumur hidup pada Juli 2019 lalu ditambah 30 tahun lagi karena dinilai Hakim tindakannya sangat jahat.

Usai divonis seumur hidup, Guzman dikirim ke penjara ADX Florance di Colorado. Sebuah penjara yang paling aman diwilayah AS.

Sementara itu, Coronel istrinya didakwa pada Senin (22/2) lalu usai berkonspirasi mendistribusikan heroin, kokain, ganja dan metamfetamin untuk impor yang melanggar hukum ke AS.

Jaksa penuntut juga menuduh Coronel bersekongkol untuk membantu suami nya dalam pelariannya pada Juli 2015 dari penjara Altiplano di Meksiko, ketika menggali terowongan sepanjang satu mil dari selnya, dan mulai merencanakan pelarian kedua setelah ditangkap oleh pihak berwenang Meksiko pada Januari 2016 lalu. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar