Jakarta, Indonesia | Saturday, 18-09-2021

NEWS UPDATE

Rusia Tetapkan Kelompok Navalny Sebagai Organisasi Ekstremis

Andre | Minggu,13 Jun 2021 - 21:47:52 WIB

Ketua Oposisi Rusia Alexey Navalny/foto ist SSV Youtube DW News

CityPost – Pemerintah Rusia melalui pengadilan saat ini memutuskan dua organisasi dibawah pimpinan ketua oposisi Alexei Navalny sebagai organisasi ekstremis. Usai penetapan itu, sebagian besar anggota didalamnya dilarang mencalonkan diri pada pemilu September mendatang.

“Keputusan itu harus segera dieksekusi dalam hal penghentian kegiatan organisasi-organisasi ini,” ungkap pihak Pengadilan Kota Moskow melalui keterangan resmi pers yang disampaikan usai sidang berlangsung pada minggu lalu.

Seperti yang dilansir melalui cnn.com, disebutkan bahwa Navalny merupakan salah seorang aktivis Rusia yang kerap melayangkan kritik kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia kerap ditangkap dan dipenjara atas kritikannya tersebut.

Pasca keputusan larangan itu, nantinya para organisasi dibawah pimpinan Navalny tidak lagi bisa melakukan kritik dan akses pencalonan dalam pemilu ditutup. Putusan juga mensasar kantor politik regional Navalny dan Yayasan Anti Korupsi FBK yang didirikannya dan kerap melakukan penyelidikan atas skandal korupsi di Rusia.

Saat ini, Pengadilan telah memerintahkan agar FBK dan property milik organisasi Navalny dipindah tangankan kepada pihak Federasi Rusia. Mereka juga sudah dilarang melakukan aktivitas kantor politik regional disekitar Rusia.

Dari sisilain, kedua organisasi tersebut dengan tegas membantah tuduhan ekstresmisme yang diputuskan oleh Pengadilan, melalui kuasa hukumnya mereka menyatakan bakal melakukan banding.

Seiring dengan itu, Presiden Rusia Vladimir Putin juga sudah menandatangani undang-undang baru  yang melarang anggota ekstremisme mencalonkan diri pada Jumat lalu.

Kendati sudah ada putusan itu, Navalny dan pendukungnya menyatakan sikap dan tetap bersumpah akan melakukan perubahan politik di Rusia. (And/ist)


Komentar Via Website : 1
16 Jun 2021 - 05:31:07 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir

Nama

Email

Komentar