Jakarta, Indonesia | Saturday, 18-09-2021

NEWS UPDATE

Kim Bilang Korut Siap Hadapi AS, Dialog Atau Konfrontasi

Andre | Sabtu,19 Jun 2021 - 12:34:59 WIB

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un/foto ist SSV Youtube South China Morning Post (SCMP)

CityPost – Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un kembali menegaskan kesiapan diri dan negaranya untuk menghadapi musuh bebuyutannya Amerika Serikat. Ditegaskan bahwa Pyongyang siap untuk dialog ataupun konfrontasi dengan Washington.

Pernyataan itu ditegaskan Kim pada saat pertemuan pleno Komite Pusat Partai Buruh Korea pada Kamis lalu dan disiarkan oleh kantor berita pusat Korea, KCNA.

Dalam pertemuan itu, Kim menjabarkan tentang strategi terbarunya untuk menghadapi AS dan relefansi kebijakan pemerintah AS yang baru dibawah kepemimpinan Presiden Joe Biden.

Seperti yang dilansir Al Jazeera, pernyataan Kim tersebut merupakan pertama kalinya yang dilontarkan sejak Biden menjabat sebagai Presiden AS. Pemimpin Korut itu menegaskan bahwa pihaknya perlu bersiap untuk membuka dialog ataupun konfrontasi, khususnya untuk sepenuhnya siap menghadapi konfrontasi dalam melindungi martabat negaranya.

“Perlunya bersiap untuk dialog dan konfrontasi, terutama untuk sepenuhnya siap menghadapi konfrontaso untuk melindungi martabat negara kita dan menjamin lingkungan yang damai,” tegas Kim seperti yang dilaporkan melalui KCNA.

KCNA juga melaporkan bahwa Kim Jong Un menyerukan dengan tegas untuk merespon atau bereaksi dan mengatasi situasi yang berubah dengan cepat serta berkonsentrasi mengupayakan untuk mengambil kendali yang stabil atas situasi di Semenanjung Korea.

Disebutkan sebelumnya, Korea Utara menuding Joe Biden tengah mengejar kebijakan bermusuhan dan itu dinilai sebagai kesalahan yang besar baginya untuk mengatakan bahwa dia akan menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh program nuklir Korea Utara melalui diplomasi dan pencegahan yang keras.

Sementara itu, pada kesempatan berbeda, saat Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengunjungi Washington bulan lalu, dihadapannya Joe Biden mengatakan tidak akan bertemu dengan Kim Jong Un kecuali ada rencana kongkret perundingan nuklir Pyongyang.

Bahkan Biden menyatakan “tidak akan melakukan apa yang telah dilakukan dimasa lalu. Saya tidak akan memberikan semua yang dia cari, pengakuan internasional,” tegas Biden. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar