Jakarta, Indonesia | Saturday, 23-10-2021

NEWS UPDATE

Putin Mulai Merespon Sikapi Penguasaan Taliban

Andre | Senin,06 Sept 2021 - 21:58:20 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin/foto ist ssv youtube cbs this morning

CityPost – Kelompok Taliban yang selama ini terus berperang dengan pasukan dan pemerintahan Afghanistan saat ini berhasil mencuri perharian dunia. Khususnya ketika mereka menguasai sepenuhnya Afghanistan dan membuat pemerintahan kocar-kacir.

Masalah itu kini direspon dan ditanggapi juga oleh Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengatakan bahwa saat ini pihaknya berharap Taliban memiliki prilaku yang beradab dan bisa menjalin komunikasi global agar hubungan diplomatic dengan Kabul bisa dipertahankan.

“Rusia tidak tertarik dengan disintegrasi Afghanistan. Jika ini terjadi, maka tidak akan ada yang bisa diajak bicara,” tegas Putin saat sesi pleno Forum Ekonomi Timur di Kota Vladivostok, Rusia Timur.

Menurut Putin, semakin cepat Taliban bersikap berada maka akan semakin mudah untuk melakukan pembicaraan, komunikasi dalam hubungan diplomasi.

“Semakin cepat Taliban akan memasuki keluarga orang-orang beradab, sehingga untuk berbicara, semakin mudah untuk menghubungi, berkomunikasi dan entah bagaimana mempengaruhi dan mengajukan pertanyaan,” ujarnya.

Sementara itu, terkait masalah Afghanistan, Putin juga menyindir pihak AS. Dia mengatakan penarikan pasukan Amerika Serikat dari sana memicu malapetaka.

“Orang Amerika, orang yang sangat pragmatis, menghabiskan lebih dari $1,5 triliun untuk kampanye ini selama bertahun-tahun, dan apa hasilnya? Nol. Jika anda melihat jumlah orang yang telah ditinggalkan di Afghanistan, (yang) telah bekerja untuk kolektif Barat, AS dan sekutu mereka, maka itu adalah bencana kemanusiaan juga,” tukas Putin seperti yang dilansir melalui Al Jazeera. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar