Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

La Nina Picu Banjir Dan Longsor Di Bali

Chandra | Senin,06 Des 2021 - 22:40:02 WIB

PMI Kab. Badung bersama BPBD Evakuasi wisatawan korban Bencana banjir menggunakan perahu Karet di Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Senin, (6/12)/foto ist VT El Shinta

Denpasar, CityPost - Perubahan cuaca yang disertai hempasan badai La Nina saat ini memicu terjadinya banjir dan tanah longsor di Bali. Hal itu ditengarai karena hujan lebat yang mengguyur sejak dini hari. Bahkan, hujan juga menumbangkan sejumlah pohon.

Diketahui, perubahan cuaca La Nina terjadi ketika angin pasat berhembus lebih kuat dari biasanya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah dan timur. Hal itu kemudian mendorong massa air hangat ke barat hingga sampai ke Indonesia dan dampaknya memicu aspek cuaca lainnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kota Denpasar Ardy Ganggas menjelaskan bahwa sejumlah titik bencana yang terjadi di Bali ada diwilayah Denpasar Selatan, Denpasar Barat, dan Kabupaten Badung.

"Ada beberapa titik juga tapi karena topografi kerendahan dan diwilayah barat ada beberapa perumahan (tergenang air). Itu, karena tupografinya ketika air dengan jumlah banyak sehingga tergenang. Tapi saat ini berangsur-angsur sudah mulai terjadi penurunan," ungkap Ardy di Bali pada Senin (6/12) hari ini.

Sedangkan untuk bencana tanah longsor, Ardy mengatakan terjadi diwilayah Jalan Tunjung Tutur, Gang Taman Sari, Denpasar, Bali. Ada tiga mobil yang tertimbun tanah longsor tetapi tidak ada korban jiwa ataupun yang terluka.

"Untuk kerugian, belum terdeteksi dengan detail ada beberapa tanah longsor yang menonjol karena ada beberapa kendaraan yang ikut juga ambrol. Tetapi kerusakan di akibatkan karena banjir saat ini belum terdata. Hanya mengganggu aktivitas," ujarnya.

Terkait penanganan bencana banjir dan tanah longsor, Plt Kepala BPBD Bali I Wayan Wirya menjelaskan pihaknya sudah menerjunkan personel bersama institusi lainnya untuk menanganinya.

"Banjir itu karena curah hujan tinggi. Kita sudah sebar tenaga dengan keterbatasan personil juga. Sudah sebagai kita tugaskan untuk ke Badung Selatan, separuh tugaskan pohon tumbang bagian (Badung) Utara," tukas Wirya. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar