Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Ironi, Pertamax Naik Solar Langka Di Sumbar

Chandra | Jumat,01 Apr 2022 - 22:14:37 WIB

Antrian truk mencari bbm solar (ilustrasi)/foto ist SSV Youtube Tvone

Padang, CityPost – Pemerintah pada Jumat 1 April 2022 telah resmi menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi Gasoline Ron 92 jenis Pertamax dari Rp 9.000 menjadi Rp 12.500 perliter. Kenaikan ini menjadi ironi ditengah kelangkaan solar yang sudah terjadi selama satu minggu di Sumatera Barat.

Melansir pemberitaan media Padang, dilaporkan bahwa kelangkaan solar hingga seminggu ini belum juga bisa diatasi. Bahkan memicu antrean panjang kendaraan sejauh 1 kilometer dan pemandangan tersebut terlihat disejumlah SPBU di Kota Padang.

Dari kesaksian seorang supir, untuk mendapatkan solar mereka harus mengantri sejak malam hingga esok harinya. Namun, hasilnya tetap nihil dan tetap dinyatakan habis.

“Saya memulai perjalanan dari Lampung menuju kesini (Sumbar). Terakhir mengisi BBM di Senawar, sampai disini solar habis,” ungkap Agus salah seorang supir.

Agus mengatakan dia Bersama supir lainnya sampai harus mengisi solar menggunakan solar cadangan yang ada digalon bbm di samping truk mereka. Namun, tetap khawatir karena jika sampai BBM itu habis maka dia tidak bisa lagi Kembali ke Lampung.

“Nah jika disini ga dapat (solar) lagi, saya susah untuk kembali ke Lampung,” ujarnya.

Menanggapi kelangkaan solar, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan jumlah pasokan bahan bakar untuk wilayah Sumatera Barat akan ditambah kuotanya sekitar 5 sampai 10 persen.

Disebutkan jumlah stok gasoline untuk Sumbar sebanyak 114 ribu kilometer pertahunnya dengan adanya penambahan jumlah hingga 10 persen. Maka diharapkan kebutuhan dapat terpenuhi sehingga tidak ada lagi antrean panjang.

“Secara nasional, kebutuhan stok gasoline yang mencakup Partamax, Pertalite dan Solar itu akan dipenuhi hingga 23 hari kedepan. Langkah itu juga untuk mengantisipasi perlonkana permiintaan menjelang lebaran tahun 2022,” pungkas Alfian. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar