Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Pemerintah Bakal Wajibkan Vaksin Rotavirus Bagi Anak

Chandra | Sabtu,23 Apr 2022 - 02:08:21 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV Youtube SMCI NEXT

Jakarta, CityPost – Plt Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan dr. Prima Yosephine menyampaikan melalui Seminar Media Pekan Imunisasi Dunia 2022 bahwa saat ini pemerintah berencana memberikan Vaksin Rotavirus (Rotavirus Vaccine/RV) secara gratis kepada anak-anak dan memasukkan RV kedalam imunisasi wajib rutin tahun ini.

Dalam seminar yang digelar pada Senin (18/4) lalu, Prima menjelaskan bahwa vaksin Rotavirus adalah salah satu dari tiga vaksin baru yang akan diperkenalkan secara bertahap dalam skala nasional bersama vaksin PCV dan HPV untuk mencegah PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi).

“Secara bertahap guna mencegah PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi) juga, kami pemerintah akan melakukan introduksi vaksin baru secara nasional,” tukas Prima.

Dijelaskan nantinya ada 14 vaksin wajib yang didapat oleh seorang anak dan biaya seluruhnya ditanggung oleh pihak pemerintah.

Melansir dari laporan Kompas, disebutkan vaksin Rotavirus berguna untuk mencegah diare yang disebabkan oleh virus Rota. Infeksi inilah yang paling umum dan banyak terjadi pada anak-anak dibawah usia lima tahun. Vaksin ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006 lalu.

Selain itu, infeksi virus Rota dilaporkan selain memicu diare juga bisa menyebabkan muntah, demam dan sakit pada area perut anak. Bahkan laporan CDC Amerika Serikat menyebutkan anak-anak yang terinfeksi Rotavirus bisa mengalami dehidrasi hingga perawatan dirumah sakit.

Prima mengatakan pemberian Vaksin Rotavirus akan dimulai pada program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang akan dilaksanakan pada 2 tahap. Pertama pada bulan Mei 2022 untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Kemudian tahap kedua pada Agustus 2022 di Pulau Jawa dan Bali. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar