Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Sinergi Lintas Kementerian Mampu Gagalkan Selundupan Migor

Retno | Jumat,13 Mei 2022 - 17:52:31 WIB

Ekspor delapan kontainer minyak goreng berhasil digagalkan Polri/foto ist SSV Youtube TVOnenews

Jakarta, CityPost – Sinergisitas antara Kementerian Keuangan melalui Ditjen Bea dan Cukai dan Satgas Pangan,  Kementerian Perdagangan telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan delapan kontainer berisi minyak goreng (migor) yang akan dibawa kewilayah Timor Leste.

Dari informasi yang diperoleh awak media, aksi penyelundupan itu dilakukan  dengan mengelabui petugas melalui upaya pemburaman dokumen. Pelaku ditengarai tidak mencantumkan nama minyak goreng dalam daftar dokumen Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

Menanggapi keberhasilan tersebut, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga yang notabene Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono mengatakan pihaknya berhasil menggagalkan berkat upaya dan koordinasi antar lembaga pemerintah.

“Kementerian Perdagangan bersama Satgas Pangan Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan akan menindak tegas setiap pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan,” ucap Veru melalui keterangan resminya pada Jumat (13/5) hari ini.

Sementara itu, pihak Kemendag menyatakan bakal terus berkomitmen untuk meningkatkan sinergisitas dan Kerjasama antar lembaga untuk mengawasi serta menegakkan hukun disektor perdagangan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepolisian RU, Kejaksaan dan Ditjen Bea dan Cukai dalam melakukan penegakkan hukum dibidang perdagangan,” ujarnya.

Diketahui, mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, dan Used Cooking Oil dan telah ditetapkan pada 28 April 2022 lalu maka pelaku yang melanggar akan diancam dengan sanksi Pasal 112 Ayat (1) jo Pasal 51 Ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. (Retno/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar