Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Petani Sawit Minta Pemerintah Peduli Atasi Harga TBS

Chandra | Selasa,17 Mei 2022 - 17:53:42 WIB

Petani Sawit (ilustrasi)/foto ist SSV Youtube BeritaSatu

Jakarta, CityPost – Anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) yang terdampak oleh kebijakan larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) saat ini tengah dikeluhkan oleh sebagian besar para petani sawit di Kalimantan Timur yang mengaku dirugikan dengan kebijakan pemerintah.

Penegasan itu disampaikan oleh Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Kabupaten Paser Iwan Himawan di Kaltim pada Selasa (175/).

Iwan meminta pemerintah memberikan solusi sebagai upaya penyelesaian polemic larangan ekspor CPO karena petani tidak bisa berbuat banyak ketika beberapa pabrik tidak lagi mau menerima TBS dari petani.

“(Kami) nggak bisa berbuat banyak, jadi ya petani dalam konteks ini (sebagai) pihak paling dirugikan dari dampak ekspor itu. Artinya contoh yang berkembang pabrik tidak menerima buah masyarakat, beberapa pabrik mengelola kebun intinya saja. Ya kalau mau fair, kalau petani gab oleh ngantar kepabrik anda, ya pabrik anda tutup sekalian,” tegas Iwan.

Sejauh ini, kata Iwan, petani masih meminta penjelasan dan sikap pemerintah kabupaten dalam menyelesaikan masalah sawit, khususnya aksi nyata dan solusi dari pemerintah. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar