Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Menkeu Bilang Anggaran Banson Bakal Naik Jadi Rp 431 Triliun

Chandra | Kamis,19 Mei 2022 - 19:49:14 WIB

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani/foto ist SSV Youtube Kemenkeu RI

Jakarta, CityPost – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan saat ini pemerintah akan menambah alokasi anggaran bantuan sosial (bansos) sebesar Rp 18,6 triliun dari Rp 412,9 triliun. Artinya total keseluruhan dana bansos menjadi Rp 431,5 triliun.

Menurut Sri, alokasi tambahan anggaran itu diambil dari APBN 2022 dan sudah diajukan ke Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk mendapatkan persetujuan.

“Pemerintah juga melakukan langkah untuk tambahan perlindungan sosial yaitu Rp 18,6 triliun kepada 20,65 juta KPM dan BPUM,” terang Sri Mulyani dalam rapat banggar di DPR RI Jakarta pada Kamis (19/5) hari ini.

Sri mengatakan, manfaat APBN akan dirasakan masyarakat dalam bentuk perlindungan sosial dan subsidi BBM yang bisa meringankan beban mereka ditengah kenaikan harga komoditas.

“Jadi kalau masyarakat tanya, apa manfaat APBN untuk mereka? Ya ini, dalam bentuk perlindungan sosial dan subsidi BBM, ini langsung dirasakan masyarakat,” tukasnya.

Nantinya, anggaran tambahan bansos kata Sri akan digunakan untuk memperluas program perlindungan sosial yang sudah berjalan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa dan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JKN). (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar