Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Turki Berencana Gelar Operasi Militer Baru Di Suriah

Andre Heru | Selasa,24 Mei 2022 - 19:50:52 WIB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/foto ist SSV Youtube Recep Tayyip Erdo─čan

CityPost – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan pihaknya berencana menggelar kembali Operasi Militer Baru di Suriah agar bisa menciptakan zona aman diwilayah sepanjang perbatasan antara Turki dan Suriah.

Buhan hanya itu, Erdogan mengatakan Operasi Militer juga untuk menghubungkan wilayah ada berada dibawah kendali Turki usai adanya pertempuran baru diperbatasan.

Hal itu disampaikan Erdogan pada Senin (23/5) lalu usai pertemuan cabinet. Sayangnya, Presiden Turki tidak memberikan penjelasan detail terkait rencananya tersebut.

“Kami akan mengambil Langkah-langkah baru mengenai bagian yang tidak lengkap dari proyek yang kami mulai di zona aman sedalam 30 km yang kami buat disepanjang perbatasan selatan kami,” ujar Erdogan.

Erdogan menegaskan operasi militer akan dimulai setelah militer, intelijen dan pasukan keamanan Turki menyelesaikan persiapan mereka. Sementara, daerah yang akan menjadi target militer adalah wilayah yang dikendalikan Pasukan Demokrat Suriah. Sebuah kelompok payung yang mencakup Unit Perlindungan Rakyat yang dikenal sebagai YPG, kelompok bersenjata yang menjadi musuh bebuyutan Turki.

Seperti yang dilansir melalui AL Jazeera disebutkan bahwa, hingga kini Turki masih memandang YPG sebagai cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang dan dianggap Turki sebagai kelompok teroris.

PKK juga dinilai telah melancarkan pemberontakan bersenjata melawan Turki sejak 1984 hingga menyebabkan puluhan ribu orang tewas dalam konflik tersebut.

Rencana Erdogan tersebut ditanggapi SDF sebagai upaya untuk merusak stabilitas wilayah dan menyebutkan tidak ada perubahan strategis di Suriah Utara.

Diketahui, rencana operasi militer itu mencuat usai Turki mengajukan keberatan terhadap usulan keanggotaan Finlandia dan Swedia di NATO serta menuduh kedua negara itu telah memberikan dukungan kepada PKK serta kelompok teroris lainnya. (And)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar