Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Jepang Enggan Bergabung Dengan Aliansi Militer AUKUS

Andre Heru | Selasa,24 Mei 2022 - 20:17:15 WIB

Perdana Menteri Jepang Furnio Kishida/foto ist SSV Youtube South China Morning Post

CityPost – Aliansi militer bentukan Australia, Inggris dan Amerika Serikat yang diberinama AUKUS saat ini tengah memperluas keanggotaan untuk menjalin kemitraan dan menjaga hubungan masing-masing negara anggotanya.

Menyoal AUKUS tersebut, Pemerintah Jepang menyampaikan pihaknya tidak berniat untuk bergabung kedalam aliansi militer AUKUS yang dibentuk pada musim gugur lalu.

Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri Jepang Furnio Kishida dalam konferensi pers usai pertemuan puncak Dialog Keamanan Segiempat (Quad) yang digelar di Tokyo pada Selasa (24/5) hari ini.

Dialog Keamanan Quad itu juga dihadiri oleh Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Perdana Menteri Jepang Furnio Kishida.

“Kami menilai positif tujuan AUKUS dan berniat untuk menjaga hubungan kemitraan dengan negara-negara yang membentuknya. Namun, Jepang tidak berniat untuk bergabung dengan struktur ini,” ungkap Kishida.

Seperti yang dilansir melalui kantor berita Rusia, TASS disebutkan bahwa Jepang telah mendapatkan tawaran untuk bergabung kedalam AUKUS. Namun informasi itu dibantah oleh Jepang.

Diketahui, Australia, Inggris dan Amerika Serikat membentuk AUKUS pada September tahun lalu. Ketiga negara itu membentuk Pakta Keamanan baru bernama AUKUS dengan maksud menggunakan teknologi AS untuk membangun sekitar delapan kapal selam bertenaga nuklir yang pertama dan akan beroperasi pada tahun 2036.

Bukan hanya itu, mereka juga berniat melengkapi angkatan bersenjatanya dengan rudal jelajah buatan AS lalu bekerja sama untuk mengembangkan sistem tempur hipersonik.

Pembentukan AUKUS ini sudah direspon oleh Rusia dan China yang menyatakan keprihatinannya karena aliansi militer bentukan Australia, Inggris dan Amerika Serikat itu akan memperburuk perlombaan senjata usai didasarkan pada mentalitas perang dingin. (And)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar