Jakarta, Indonesia | Saturday, 02-07-2022

NEWS UPDATE

AS Akhirnya Serukan Penyelidikan Independen Terhadap Shiiren

Andre Heru | Kamis,09 Jun 2022 - 21:02:15 WIB

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/foto ist SSV Youtube Asia Society

CityPost – Pemerintahan Amerika Serikat akhirnya menyerukan penyelidikan independent atas pembunuhan wartawan Al Jazeera Shireen Abu Akleh yang ditembak saat melakukan tugas peliputan di wilayah pendudukan Israel di Kamp Jenin Utara, Tepi Barat.

Seruan itu disampaikan langung oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Kamis (9/6) hari ini. Dia berjanji akan menuntut pertanggungjawaban atas pembunuhan Shireen.

Sayangnya, Blinken tidak merinci penyelidikan independent seperti apa yang dimaksud, pasalnya seruan atas penyelidikan independent itu keluar ketika Presiden AS Joe Biden bersikeras bahwa Israel harus menjadi pihak yang memimpin penyelidikan pembunuhan Shireen ditengah seruah agar FBI melakukan tinjauannya sendiri.

Bahkan, Washington menolak seruan Palestina agar digelar Pengadilan Kriminal Intrnasional (ICC) untuk menyelidiki dugaan kejahatan perang Israel secara lebih luas lagi.

Menyikapi seruan itu, pihak Al Jazeera mengaku belum mengerti maksud independent yang disampaikan Blinken. Pasalnya sejauh ini permintaan untuk klarifikasi pada saat publikasi belum ditanggapi oleh Departemen Luar Negeri AS.

Melansit laporan Al Jazeera, seruan independent itu keluar pada saat Blinken tampi diacara forum jurnalis mahasiswa disela-sela KTT Amerika Latin di Los Angeles.

Saat itu, pembawa acara film documenter independent dan serial wawancara The Empire Files Abby Martin bertanya kepada Blinken terkait kenapa sama sekali tidak ada dampak bagi Israel atas pembunuhan Shireen Abu Akleh.

Blinken menjawab pertanyaan Abby dan mengatakan pihaknya sedang mencari penyelidikan independent dan mengikuti fakta yang mengarah.

“Kami sedang mencari penyelidikan yang independent dan kredibel. Ketika penyelidikan itu terjadi, kami akan mengikuti fakta, kemana pun mereka mengarah. Sesederhana itu. Saya menyesalkan hilangnya Shireen. Dia adalah jurnalis yang luar biasa, warga negara Amerika,” jelas Blinken.

Diketahui sebelumnya. Aksi pembunuhan terhadap Shireen Abu Akleh dilakukan secara keji oleh pasukan Israel. Hal itu disampaikan sejumlah saksi mata dilokasi yang menyaksikan kejadiannya.

Peristiwa gugurnya Shireen juga sudah direspon oleh parlemen AS dari Partai Demokrat yang meminta FBI memimpin penyelidikan untuk mencari temuan yang tidak memihak atas kematian Shireen.

Sementara, Senator Kunci Republik Mitt Romney dan rekannya dari Demokrat Jon Ossoff telah menandatangani surat yang menyerukan pemerintah Biden untuk mendorong penyelidikan penuh dan transparan atas pembunuhan Shireen.

Pernyataan berbeda tekait kematian Shireen disampaikan oleh pihak Israel. Mereka menyangkal semua tuduhan telah membunuh wartawan AS tersebut. Malahan, Israel menuding pejuang Palestina dan merubah Kembali pernyataan bahwa tantara Israel bisa saja keliru menembak Shireen.

Masyarakat dunia dan forum wartawan dari berbagai negara ikut berduka atas kematian Shireen. Mereka murka dengan Israel, khususnya ketika polisi zionis itu melakukan Tindakan represif dan menyerang orang-orang yang akan melakukan prosesi pemakaman Shireen.

Polisi Israel menyerang dan memukuli pengusung peti mati yang membawa jenazah Shireen dengan tongkat. Peristiwa yang terekam kamera dan viral dimedia sosial itu Kembali memicu kemarahan public atas kebrutalan yang dipertontonkan pasukan Israel.

Al Jazeera sendiri, melalui jaringan media disebutkan telah menugaskan tim hukum untuk merujuk pembunuhan Shireen dan membawanya ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) yang berada di Den Haag. (And)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar