Jakarta, Indonesia | Saturday, 02-07-2022

NEWS UPDATE

Aktivis Lingkungan Tanzania Perangi Polusi Plastik

Andre Heru | Kamis,09 Jun 2022 - 21:25:10 WIB

Penggiat lingkungan menyelam diantara sampah-sampah plastik dilautan/foto ist SSV Youtube Business Insider

CityPost – Seorang guru sains muda dari Afrika Timur Tanzania saat ini memilih untuk menjadi aktivis lingkungan untuk memerangi polusi plastik dilaut yang telah mencemari dan memicu kematian dari spesies ikan dan menghilangkan mata pencaharian nelayan pesisir.

Aktivis yang diketahui bernama Zuhura Ahmad tengah melakukan edukasi kepada masyarakat dipesisir Dar es Salaam tentang pentingnya konsep konservasi laut dan ancaman ganda polusi plastik terhadap fauna laut serta adanya perubahan iklim.

“Sampah plastic merupakan ancaman besar bagi kehidupan laut. Kita harus bekerja lebih keras lagi untuk menghancurkan gelombang ganas ini,” tegas Ahmad.

Mengutip catatan ilmuwan setempat, saat ini setiap tahun ribuan ton sampah plastic mengalir ke laut di Samudra Hindia dan menyebabkan polusi hingga akhirnya berdampak pada organisme laut. Kendati masyarakat dimudahkan dengan adanya plastik namun hal itu juga jadi ancaman terbesar bagi spesies ikan.

“Sampah plastic memenuhi lautan tanpa bisa diperbaiki. Jika kita tidak bertindak sekarang untuk melindungi laut, konsekuensinya akan parah,” ujar Ahmad seperti yang dikutip melalui kantor berita Turki Anadolu Agency.

Dasar itulah, kata Ahmad yang membuat para pemuda aktivis lingkungan dan para relawan untuk bertekad melakukan edukasi untuk memerangi polusi plastik dilaut.

“Saya senang melakukan pekerjaan ini untuk komunitas saya. Membantu orang-orang saya sendiri memberi saya ketenangan pikiran,” tukasnya.

Melansir laporan Anadolu Agency, diketahui selama ini Ahmad terus berkampanye untuk melindungi Samudra Hindia. Dia optimis apa yang dilakukannya berhasil usai pemerintah Tanzania turut mengekang polusi plastik dilaut.

“Kami telah membantu masyarakat untuk memahami pekerjaa kami tentang bagaimana dan mengapa penting untuk melindungi laut. Saya telah menginspirasi banyak anak muda di Dar es Salaam dan Zanzibar untuk memperhatikan penyebab lingkungan yang lebih bersih dan hijau,”pungkasnya. (And)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar