Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Wabah DBD Meningkat, Kemenkes Ungkap Ratusan Orang Meninggal

Chandra | Selasa,05 Jul 2022 - 21:06:15 WIB

Peluncuran Mobil Edukasi DBD oleh Kemenkes/foto ist Sehat Negeriku Kemenkes id

Jakarta, CityPost – Wabah virus dengue atau demam berdarah dilaporkan kembali meningakt drastis diseluruh wilayah Indonesia. Bahkan, Kementerian Kesehatan merilis hingga Selasa (5/7) hari ini tercatat ada sebanyak 516 pasien yang meninggal karena demam berdarah.

Sementara, Kemenkes juga mencatat ada sebanyak 52.313 kasus Demam berdarah (DBD) yang tersebar diseluruh Indonesia.

Menyikapi masalah tersebut, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Habuwono mengatakan pihaknya sejauh ini sudah bekerjasama dengan fast moving consumer goods (FMCG) seperti Enesis Group untuk menghadirkan mobil edukasi keliling yang mensasar sejumlah wilayah di Indonesia.

Menurut Dante Saksono, mobil edukasi keliling yang diluncurkan pada Selasa (5/7) hari ini. Nantinya akan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai bahaya DBD. Informasi lainnya yang akan disampaikan adalah pola penerapan hidup bersih, sehat dan konsep 3M plus yang sesuai dengan standar sehingga mampu mencegah penyebaran DBD.

“Edukasi yang diberikan kepada anak-anak disekolahnya, diharapkan dapat disampaikan kepada keluarganya dan anak dapat menjadi agent of change didalam lingkungan tersebut,” ujar Dante.

Wamenkes ini juga menuturkan bahwa permasalahan kasus DBD selalu meningkat dari tahun ke tahun dan merupakan penyakit endemik yang ada diwilayah tropis maupun subtropic.

Melansir informasi Kemenkes yang dipublikasi pada laman resmi mereka. Hingga minggu ke-23 ditahun 2022. Secara kumulatif ada 52.313 kasus dan 488 kematian karena DBD. Data ini terlaporkan dari 451 kabupaten/kota di 34 provinsi.

“Perlu diupayakan bahwa kesadaran terhadap masyarakat untuk mencegah terjadinya demam berdarah ini menjadi salah satu yang sangat penting. Kementerian Kesehatan dalam hal ini tidak bisa turun sendiri secara eksklusif untuk mengatasi demam berdarah karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat,” katanya di Gedung Kemenkes Jakarta pada Selasa (5/7).

Terkait program mobil edukasi keliling ini. Dante mengatakan bakal dilakukan dengan dua tahap yang dimulai pada 20 Agustus 2022 dan disebar diempat kota seperti Malang, Yogyakarta, Cirebon, Bandung dan Jakarta. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar