Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

PKS Pastikan Bakal Gugat Presiden Threshold Ke MK

Chandra | Selasa,05 Jul 2022 - 23:03:43 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV Youtube Mahkamah Konstitusi RI

Jakarta, CityPost – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan pihaknya akan melayangkan gugatan Presiden Threshold (ambang batas pencalonan presiden) sebesar 20 persen ke Mahkamah Konstitusi (MK) agar para calon tidak terpaku hanya dua pilihan.

Informasi itu disampaikan oleh Kuasa Hukum yang juga Wakil Sekretaris Jenderal PKS Zainudin Paru di Jakarta pada Selasa (5/7) hari ini.

Zainudin menegaskan PKS pada Rabu (6/7) esok hari akan mengajukan gugatan ambang batas pencalonan presiden 20 persen dan kursi DPR 25 persen suara nasional ke MK.

Disebutkan, materi yang akan digugat melalui MK adalah permohonan uji materi Pasal 222 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Nantinya, permohonan gugatan itu, kata Zainudin akan didaftarkan langsung oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi.

“Kami akan secara resmi memasukkan permohonan ke MK itu bersama Presiden dan Sekjen PKS selaku Pemohon I. Sedangkan Pemohon II Dr Salim Segaf Al Jufri akan hadir pada sidang perdana,” ujar Zainudin.

Menurut Zainudin, gugatan yang dilayangkan merupakan bentuk tanggungjawab moral PKS karena PKS selaku partai peserta pemilu berhak mencalonkan calon presiden dan wakil presiden.

“Apalagi Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusan terakhirnya menyebut bahwa yang memiliki legal standing atau kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan ini adalah partai politik peserta pemilu sebelumnya,” tukas Zainudin. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar