Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Bolsonaro Bakal Calonkan Diri Kembali Jadi Presiden Brasil

Andre Heru | Senin,25 Jul 2022 - 21:57:12 WIB

Presiden Brasil Jair Bolsonaro/foto ist SSV Youtube WION

CityPost – Jair Bolsonaro saat ini tengah kembali mempersiapkan pencalonan dirinya untuk menjadi presiden pada periode berikutnya. Hal itu diketahui dari pidatonya yang disampaikan dalam acara sebuah pesta di Rio de Janeiro.

Bolsonaro yang saat ini masih menjabat sebagai Presiden Brasil, ditengarai tengah berupaya merebut tongkat kepemimpinan komando yang didirikan oleh rivalitas politik utamanya, mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva.

Seperti yang dilansir melalui Al Jazeera disebutkan bahwa Partai Liberal (PL) sayap kanan telah menunjuk Bolsonaro sebagai calon presiden yang akan mereka usung untuk pemilihan umum 2 Oktober mendatang. Hal itu disampaikan dihadapan ribuan penonton di Stadion Maracanazinho Rio pada Minggu (24/7) kemarin.

Pencalonan Bolsonaro ditengarai digaungkan seiring dengan gencarnya kritik presiden terhadap keandalan sistem pemungutan suara elektronik Brasil yang berpotensi membuatnya kalah.

Kendati demikian, saat ini Bolsonaro terus memuji peran para tantara yang dinilai sama-sama memiliki keprihatinan akan nasib bangsa dan negaranya.

“Tentara ada dipihak kita. Ini tantara yang tidak menerima korupsi, tidak menerima penipuan. Ini adalah tentara yang menginginkan transparansi,” ujar Bolsonaro dihadapan para pendukungnya.

Diketahui, Bolsonaro saat ini tengah merosot citranya karena inflasi. Elektabilitasnya turun hingga hampir 20 poin persentase dalam beberapa jajak pendapat ketimbang rivalitasnya Lula yang pernah memerintah Brasil sejak tahun 2003 hingga 2010 silam dan berhasil mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan karena belanja sosial yang agresif selama periode pertumbuhan yang didorong oleh komoditas yang cepat.

Namun sayangnya, predikat dan citra Lula jatuh dalam beberapa tahun belakangan karena penyelidikan korupsi tingkat tinggi. Dia menghabiskan waktunya selama 1,5 tahun didalam penjara. Kendati demikian, Lula tetap menjadi tokoh politik yang populer ditengah masyarakat Brasil. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar