Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Kunjungan Pelosi Ke Taiwan Buat China Geram

Andre Heru | Jumat,29 Jul 2022 - 14:39:41 WIB

Ketua DPR AS Nancy Pelosi/foto ist SSV Youtube C-SPAN

CityPost – Pemerintah Taiwan saat ini tengah dihadapkan pada dua pilihan yang bisa menjadi bumerang terkait kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi kenegaranya. Taiwan akan sulit menolak kedatangan Pelosi, sementara jika menerimanya, pertemuan itu akan memicu kemarahan China.

Informasi itu dilaporkan oleh surat kabar ternama Hong Kong South China Morning Post (SCMP) pada Kamis (28/7) kemarin.

Menurut laporan SCMP, kunjungan Pelosi ke Taiwan akan menunjukkan bahwa Taipei telah mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan meningkatkan peluang Partai Progresif Demokratik yang berkuasa untuk memenangkan pemilihan paruh waktu yang akan digelar pada November mendatang.

Pada saat yang sama, Taiwan akan menerima konsekuensi dari kunjungan Pelosi seiring munculnya peringatan dari China terhadap AS dan akan adanya eskalasi peningkatan tekanan militer pihak Beijing ke Taipei.

“Akan sangat sulit bagi pemerintah Presiden Tsai Ing-wen untuk menolak tawaran Pelosi untuk berkunjung, mengingat (posisinya dalam politik AS) dan bahwa dia telah lama dikenal karena dukungannya untuk Taiwan,” ungkap salah seorang Direktur Masyarakat Studi Strategis Internasional Taiwan, Wang Kung-yi. Seperti yang dilansir melalui kantor berita Rusia TASS.

Wang menjelaskan bahwa jika Pelosi benar-benar mendatangi Taiwan, maka negara itu harus siap menanggung kemarahan China yang telah lebih dulu mengancam bakal melakukan tindakan.

“Tetapi jika Pelosi benar-benar berkunjung, pemerintah Tsai harus menanggung kemarahan Beijing, yang telah mengancam akan mengambil tindakan tegas (jika berlanjut),” ujar Wang.

Senada dengan Wang, analis Taiwan, Chieh Chung mengatakan bahwa China memperingatkan bakal meningkatkan tekanan militer secara signifikan di Taipei selama kunjungan Pelosi. Dimana, secara khusus Tentara Pembebasan Rakyat China, menurutnya akan mengirimkan kapal perang melewati garis tengah, zona identifikasi pertahanan udara Taiwan melintasi garis tengah selat yang memisahkan daratan dan pulau-pulau.

Bahkan, Chung menilai Tentara Pembebasan Rakyat China bisa mengadakan Latihan tembakan langsung didekat pantai selatan Taiwan dengan menerjunkan kapal perang dan serangan drone mereka. (And/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar