Jakarta, Indonesia | Saturday, 01-10-2022

NEWS UPDATE

PM Swedia Anderson Akui Kekalahan Pemilu

Andre Heru | Kamis,15 Sept 2022 - 23:21:39 WIB

Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson/foto ist SSV Youtube WION

CityPost – Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson mengakui dan menerima kekalahan dalam kontestasi pemiihan umum dari blok oposisi sayap kanap empat partai yang telah berkuasa sejak tahun 2014 silam.

Diketahui, Andersson menjadi Perdana Menteri wanita pertama di Swedia pada tahun lalu. Saat ini dia menerima kekalahan dan akan mengumumkan pengunduran dirinya setelah blok sayap kanan memenangkan proses pemilihan umum.

Seperti yang dilansir melalui Al Jazeera dilaporkan bahwa sejauh ini kaum Moderat, Demokrat Swedia, Demokrat Kristen dan kelompok Liberal dinilai bakal memenangkan 176 kursi diparlemen dengan 349 kursi ke 173 kursi kiri-tengah. Data tersebut diperoleh dari otoritas pemilihan setempat.

Sementara itu, Andersson melalui konferensi pers mengatakan kendati suara terakhir masih dihitung, jelas bahwa hak akan memenangkan mayoritas kursi.

“Jadi besok saya akan menyerahkan pengunduran diri saya sebagai perdana Menteri. Diparlemen mereka memiliki keunggulan satu atau dua kursi. Ini mayoritas tipis, tapi mayoritas,” ujar Andersson.

Sementara itu, kandidat terpilih Ulf Kristersson yang notabene merupakan pemimpin Partai Moderat menyatakan bakal memulai pekerjaan membentuk pemerintahan baru.

“Saya sekarang akan memulai pekerjaan membentuk pemerintahan baru yang dapat menyelesaikan banyak hal, pemerintahan untuk semua Swedia dan semua warga negara,” tegas Kristersson. (Andre/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar