Jakarta, Indonesia | Friday, 30-09-2022

NEWS UPDATE

Armenia Dan Azerbaijan Setuju Lakukan Gencatan Senjata

Andre Heru | Kamis,15 Sept 2022 - 23:29:38 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist SSV Youtube FRANCE 24 English

CityPost – Pasukan Armenia dan Azerbaijan saat ini telah sama-sama menyetujui dilakukan gencatan senjata atas konflik peperangan yang terjadi. Proses itu disetujui pada Rabu 14 September 2022 atas upaya masyarakat internasional.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dewan Keamanan Armenia Armen Grigoryan pada Kamis (15/9) saat diwawancara oleh sebuah stasiun televisi public Armenia.

“Berkat partisipasi masyarakat internasional, kami menyetujui gencatan senjata dengan Azerbaijan mulai pukul 20:00 pada 14 September,” ungkap Grigoryan.

Seperti yang dilansir melalui kantor berita Rusia TASS disebutkan bahwa Kementerian Pertahanan Armenia mengatakan bahwa pada Selasa tak lama setelah tengah malam. Pasukan Azerbaijan telah melepaskan tembakan intens dari sistem artileri, senapan mesin berat dan senjata api dipermukiman Goris, Sotk dan Jemruk.

Kemudian, Dewan Keamanan Armenia mengadakan pertemuan luar biasa dan memutuskan untuk mencari bantuan dari Rusia dengan memicu ketentuan Perjanjian Persahabatan, Kerja Sama dan Saling Membantu, serta dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) dan Dewan Keamanan PBB.

Melansir keterangan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan disebutkan ada sebanyak 105 tentara Armenia yang tewas pada peristiwa tersebut.

Sedangkan tanggapan dari Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dijelaskan bahwa peristiwa terjadi karena eskalasi saat ini, pada kepemimpinan politik militer Armenia dan mengatakan bahwa angkatan bersenjata negaranya mengambil tindakan pembalasan.

Catatan dan laporan Kementerian Pertahanan Azerbaijan menyebutkan bahwa dari pihak mereka ada sebanyak 50 tentara Azerbaijan yang tewas. (Andre/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar