Jakarta, Indonesia | Monday, 15-08-2022

NEWS UPDATE

Bechi Jombang Mulai Ikuti Sidang Perdana Di PN Surabaya

Chandra | Senin,18 Jul 2022 - 21:58:02 WIB

Pengadilan Negeri (PN) Surabaya/foto ist SSV Youtube Beritasatu

Surabaya, CityPost – Putra Kyai Jombang, Bechi atau Moch Subchi Azal Tsani tersangka kasus dugaan pemerkosaan dan pencabulan satriwati mulai mengikuti Sidang Perdana di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur pada Senin (18/7) hari ini.

Seperti yang dilansir melalui tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) disampaikan bahwa Bechi tengah didakwa dengan pasal berlapis mengenai pemerkosaan dan pencabulan dalam sidang yang digelar secara tertutup itu. Dia dihadapkan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Informasi itu diketahui dari keterangan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Mia Amiati usai sidang berlangsung. Mi juga menjadi JPU dalam persidangan itu.

“Kami mendakwa dengan pasal berlapis dengan dakwaan alternatif dengan Pasal 285 KUHP tentang pemerkosaan dengan maksimal ancaman pidana 12 tahun. Kemudian Pasal 289 KUHP (tentang perbuatan cabul) dengan ancaman pidana maksimal 9 tahun dan 294 KUHP ayat (2) ke-2 ancaman pidana 7 tahun juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP,” ujar Mia.

Mia menjelaskan bahwa di Indonesia pembuktian hukum pidana yang berlaku ada empat dan yang pertama adalah pembuktian untuk meyakinkan hakim seutuhnya.

“Pembuktian hukum pidana adalah pembuktian yang berlaku di Indonesia ada empat, yang pertama pembuktian untuk meyakinkan hakim seutuhnya,” tukas Mia.

Kemudian, lanjut Mia. Pembuktian yang kedua, keyakinan hakim dengan alasan yang rasional, ketiga keyakinan hakim dengan hukum positif yang artinya ada alat bukti sesuai ketentuan dan terdakwa harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Lalu yang keempat, pembuktian negara bahwa dengan alat bukti cukup dan hakim harus punya keyakinan.

Atas tuntutan JPU dan kasus yang menimpa kliennya, tim kuasa hukum Bechi, I Gede Pasek Suardika menyatakan keberatan terhadap dakwaan yang dilayangkan Jaksa. Mereka menyatakan bakal mengajukan  eksepsi atau nota keberatan. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar