Jakarta, Indonesia | Saturday, 02-07-2022

NEWS UPDATE

Maluku Barat Diguncang Gempa 6,5 Magnetudo Bikin Panik Warga

Chandra | Jumat,27 Mei 2022 - 18:53:21 WIB

Titik Gempa di Maluku Barat Daya/foto ist SSV BMKG

Jakarta, CityPost – Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan saat ini Kabupaten Maluku Barat Daya telah diguncang gempa bumi berkekuatan 6,5 magnetudo pada pukul 09.36 WIB yang menyebabkan kepanikan warga hingga berhamburan keluar rumah.

Muhari mengatakan gempa itu terjadi pada Jumat (27/5) di Provinsi Maluku dengan titik gempa dilaut pada kedalaman 104 km. Tepatnya diarea 85 km barat daya Maluku Barat.

“Gempa bumi terjadi dilaut pada kedalaman 104 km tepatnya 85 km Barat Daya dari Maluku Barat Daya. Berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), gempa tidak berpotensi tsunami,” jelas Muhari melalui keterangan resminya.

Sementara itu, Kepala BMKG Daryono menyatakan gempa tersebut merupakan gempa dangkal yang terjadi akibat deformasi batuan karena adanya benturan Australia dengan Timor pada struktur lama palung dan terusan Palung Jawa yang berada di Samudra Hindia.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya deformasi batuan akibat benturan Australia dengan Timor tepat pada struktur lama palung/trench terusan Palung Jawa di Samudra Hindia,” jelas Daryono.

Daryono menyebutkan, titik gempa ada pada koordinat 8,58 LS – 127,14 BT, tepatya berlokasi di laut pada jarak 87 kilometer Barat Daya Maluku pada kedalaman 53 kilometer. Guncangan gempa itu berdampak dan dirasakan oleh hampir semua penduduk dan membuat warga terbangun. (Chand)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar